7 Co Working Space di Surabaya: Freelancer Wajib Baca

Assalamualaikum wr wb

Terimakasih sudah singgah di blog saya.

Kali ini saya akan menceritakan tentang co working space yang oke punya di Surabaya. Sebelumnya, perlu diketahui pengertian Coworking Space (ruang bersama) yaitu sebuah tempat dimana para individu – individu yang memiliki latar belakang pekerjaan ataupun bisnis bekerja dalam sebuah tempat. Asal dari definisi coworking space itu sendiri adalah berasal dari kata ‘Coworking‘ yang bisa diartikan kerja sama atau berkolaborasi.

Biasanya ini digunakan oleh start up yang memang baru start untuk meminimasi pengeluaran akan kebutuhan tempat kerja. Pun bila bukan start up, bisa juga digunakan oleh freelancer. Bisa juga seperti eike yang terjun di bidang perencanaan kota (konsultan) atau profesional lainnya yang mengerjakan projek, ataupun blogger, dan lain sebagainya yang membutuhkan tempat tenang untuk bekerja. Alternatif jikalau bosan bekerja di rumah atau di kantor. Alternatif juga bila tak ingin terganggu dengan acara makan-ngemil sebagaimana bila bekerja di cafe atau restoran, hoho. Yess, ini memang ruang kerja, justru kalau makan akan sungkan dengan yang lain.

Bicara soal makan-ngemil, menurut saya, kalau sedang hectic, malah kegiatan makan itu akan mengganggu kinerja. Belum lagi minum dan makanan yang rawan tumpah ke laptop (kode trauma). Jadi ingat cerita kawan saya, yang habis jutaan sendiri untuk makanan ketika sedang kerja bersama timnya di cafe. Barangkali dia belum mengenal co working space apa ya. Artinya, kerja di coworking space itu lebih produktif . Tidak terbebani untuk memikirkan pesan menu. Tidak terbebani si mbak waitress yang lalu lalang dan kita ga enakan-akhirnya memesan. Tidak terbebani tagihan yang membumbung dan terpaksa kamu tagihkan ke bos mu. Atau terbebani oleh kenaikan berat badan akibat penumpukan kalori. Soal fasilitas kurang lebih sama yaitu, ruang nyaman ber-AC , dan kebutuhan seperti printer,scanner dll.

Jadi saya pikir, informasi ini perlu disampaikan agar bisa jadi refrensi tempat kerja kamu yang domisili di Surabaya. Terlebih industri kreatif di Surabaya sekarang sedang digalakkan oleh pemerintah kota. Merangsang anak-anak mudanya agar berpikiran kreatif, terlibat dalam bisnis digital yang konon tidak ada matinya.  Ini dia list coworking space yang sekiranya patut untuk dicoba.

  1. KORIDOR

Ini tempatnya keren loh. Dan di pusat kota, tepatnya di Siola. Terus terang saya terkagum-kagum loh dengan ruangan ini. Itu kan Siola yang notabene bangunan lama, dan dikenal tidak terurus lama. Nyatanya, pas kesana itu semacam melihat taman rahasia ditengah hiruk pikuk Jalan Tunjungan. Kalau Anda baru pertama kali kesini, sebaiknya Anda bertanya ke orang-orang yang berlalu lalang. Karena saya pernah kesini dan sok tahu, akibatnya muter-muter gak jelas. Juga sebaiknya beramai-ramai, karena menuju KOridor agak sepi (atau pas kesana saya lagi sepi juga ga tahu). Yang pasti, karena sepi saya jadi agak setengah berlari. Begitu juga pas turun, sempat saya salah tangga, dan sepi banget. Wah..wah.. Saking besarnya itu gedung apa ya.

Fasilitas disini, antara lain:

  • Akses gedung dan internet 24 jam
  • Coworking space untuk umum
    (luas: 177 m2, kapasitas: 70 orang)
  • Ruang event format teater
    (luas: 128,8m2, kapasitas: 100 orang)
  • Ruang event format classroom
    (luas 128,8m2, kapasitas: 60 orang)

Setiap ruangan dilengkapi dengan backdrop, sound system, screen, dan projector.

koridor2

penampakan penulis yang kesini cuma ambil foto, habis rapat di bapeprov Jatim

koridor1

sumber: https://www.koridor.space/

cantik ya tamannya. Ini diatas jalan Tunjungan loh (kepikiran nggak kalau jatuh hehe)

  1. Sub co

Co working space ini berada di Jalan Darmo Harapan 1, Surabaya. Fasilitasnya antara lain coffe , mail box, loker, printer, scanner, CCTV, telepon, WIFI. Ini juga keren deh.

  1. Nin3

Co working space ini berada di Jalan Ketintang Madya No. 93 Surabaya. Walaupun tidak begitu besar, lumayanlah untuk tempat berkumpul.

nin3

sumber: @nin3space

  1. DILO

Digital Innovation Lounge, bertempat di Jl. Darmo No.12, Surabaya Dilo (Digital Inovation Lounge) sebuah Creative Camp yang dikembangkan oleh MIKTI bekerja sama dengan Telkom, sebagai pusat interaksi peminat dan pelaku industri kreatif digital di kota Surabaya yang bertujuan menciptakan bibit-bibit Digital Preneur yang selanjutnya siap masuk ke industri (Creative Center). Didalam Creative Camp, komunitas kreatif digital akan diberikan pemahaman mengenai arah yang sebaiknya dilalui untuk masuk ke industri kreatif digital, termasuk arah sektor industri yang potensial untuk dijalani.

Aktifitas DiLO Surabaya

  • Workshop/Training Teknis
  • Workshop/Training Desain
  • Workshop/Training Manajemen
  • Business Matchmaking
  • Business Gathering
  • Kompetisi Lokal

dilo

sumber: FB :dilosurabaya

  1. Satu Atap

Tempatnya berdekatan dengan Bappeko Kota Surabaya. Cocok banget kalau sedang mengerjakan proyek-royek pemerintah kota. Bisa dijadikan meet point duulu sebelum rapat. Bentuknya semacam rumah. Bangunan utama adalah co  working space nya. Dibagian garasi atau sisi kiri ke belakang adalah tempat makan. kemarin saya ke bagian food nya. Lumayan pas jam siang,  ramai banget cuii… Umumnya mereka adalah anak sekolah dan pegawai pemerintah. Sampai kemarin berpikir, itu anak-anak sekolah pada sangu berapa ya tiap harinya kalau nongkrongnya disini, hoho.

satu atap

sumber: https://satuatapsurabaya.com/

  1. C02

C2O menyediakan ruang khusus untuk belajar, bekerja dengan tenang, dilengkapi dengan fasilitas Internet dan printer-fotokopi-scanner. Dengan lokasi strategis dan tenang, dilengkapi kemudahan mendapatkan bahan referensi berkualitas dari perpustakaan, peralatan audio-visual, ruang pertemuan dan galeri serbaguna untuk menyelenggarakan lokakarya, diskusi, seminar, pameran, dsb. Dan tentunya, bersantai dan bertemu orang lain. (Itu keterangan di websitenya). Awalnya ini library, kemudian menjadi tempat diskusi, kini juga jadi alternatif co working di Surabaya.

  1. HIVE

Alamatnya, Jl. Ngagel Jaya Utara 140, Baratajaya, Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur, Indonesia. Kalau yang ini saya belum tahu betul, hoho. Tapi bisa dicoba lah

Dari coworking space yang saya tulis diatas semuanya memiliki kesamaan. Pertama dalam hal interiornya. Biasanya bernuansa industrialis dipadu dengan warna-warna cerah ceria. Mengingatkan saya pada kantor google seperti di film Internship, atau bahkan twitter, dan facebook. Kedua, tempat berkumpul, membuat bisnis digital, start up, mengerjakan proyek-proyek. Atau diskusi pekerjaan dengan tim. Ketiga sebagai tempat berkumpulnya komunitas, kelas pelatihan, workshop dan seminar yang saat ini juga sedang menjamur di Surabaya.

Dapat disimpulkan bisnis coworking space saat ini sedang bergeliat di Surabaya. Artinya, memang ada demand untuk itu. Dimana, anak-anak muda sekarang semakin melek dengan teknologi. Senang berkumpul, berkarya, bekerja by project dan berwirausaha tentunya.

Di era 2000an, ketika belum terlalu familiar dengan internet, sudah ada yang namanya Multiplus dan Urgent. Dulu saya suka nongkrong lama mengerjakan proyek-proyek. Sekarang apa kabar ya? Moga juga sudah bertransformasi menjadi coworking space juga.

Yess, itu tadi 7 coworking space di Surabaya. Semoga bisa menambah wawasan dan manfaat. Bahwa kerja gak melulu di cafe yess (habis gini di protes sama pengusaha cafe *ge-er*). Juga, semoga semangat berkarya, berisnergi, berkolabrasi menular untuk kita semua. Ocee?

7 Co Working Space di Surabaya Freelancer Wajib Baca