_*Masalah itu Bagian dari KaruniaNya*_

problem

Hidup di dunia ini pasti banyak masalah. Masalah itu adalah bagian dari karunia Alloh SWT., bukan bagian dari musibah.

Masalah menjadi musibah jikalau kita salah menyikapinya. Seperti ujian di sekolah, ujian tersebut adalah karunia karena ujian menjadi kesempatan untuk bisa naik kelas.
Justru murid yang tidak ujian bisa dianggap tidak sekolah. Dan, seseorang yang tidak lulus itu bukan disebabkan soal-soal dalam ujiannya, akan tetapi disebabkan dia salah menjawab soal-soalnya, dia *salah*  menyikapi persoalannya.

Begitulah gambaran masalah yang kita temui dalam hidup kita di dunia. Jadi, tidak perlu khawatir menghadapi masalah, yang perlu kita khawatirkan adalah jika kita salah menyikapi masalah.

Salah satu *kesalahan* yang dilakukan banyak orang ketika menghadapi masalah adalah sibuk mengandalkan sesuatu selain Alloh SWT.
Mungkin sibuk hanya mengandalkan pikiran sendiri, pengalaman sendiri, tenaga sendiri atau mengandalkan pertolongan orang lain. Bukan tidak boleh semua itu, tapi jika semua itu ditempuh tanpa mendapat bimbingan dan izin Alloh SWT maka semuanya tidak akan berarti apa-apa.

Masalah *sebesar* apapun jika Alloh SWT menolong, maka akan menjadi sangat ringan dan mudah. Sedangkan urusan *remeh* sekalipun, jika Alloh SWT  tidak menolong, maka akan menjadi terasa sangat berat dan sulit.

Dalam ujian sekolah, jika kita meminta tolong jawabannya kepada guru maka guru tidak akan memberikannya. Sedangkan dalam hidup, jika kita meminta jalan keluar kepada Alloh SWT atas masalah yang kita hadapi, niscaya Alloh SWT akan memberikannya.

_*Ujian Juga Tanda CintaNya*_

عن النبي صلّى الله عليه و آله وسلم : إنَّ عِظَمَ الجَزاءِ مَعَ عِظَمِ البَلاءِ ، وإنَّ اللهَ إذا أحَبَّ قَوماً اِبتَلاهُم ، فَمَن رَضِيَ فَلَهُ الرِّضا ، ومَن سَخَطَ فَلَهُ السَّخَطُ
[رواه الترمذي وابن ماجة]

_Dari Nabi saw : sesungguhnya besarnya pahala seiring dg besarnya cobaan. Jika Allah SWT mencintai suatu kaum mk Dia mengujinya, jika kaum itu ridlo maka Diapun ridlo, jika kaum itu marah maka Allahpun marah.(HR.Turmudzi dn Ibnu Majjah)_

_“Wahai Dzat Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri dengan sendiri-Nya, dengan rahmat-Mu aku mohon pertolongan. Perbaikilah urusanku seluruhnya dan jangan Engkau serahkan aku kepada diriku walau hanya sekejap mata.”_

Semoga kita tidak salah dalam menyikapi setiap masalah yang menimpa.

Aamiin yaa Robbal’alami

COPAS wa