Eksotiknya Tanjung Lesung

Tanggal 22-23 September 2016 kemarin, Alhamdulillah dapat kesempatan ke Tanjung Lesung, Banten.  Sebenarnya, rencananya saya tidak berangkat. Tapi last minute malamnya saya di suruh berangkat. Akhirnya brangkatlah saya penerbangan pertama via Batik Air dari Djuanda. Saya landing di Halim Perdana Kusuma.

Dari Bandara Halim Perdana Kusuma dilanjut menjemput ke Bandara Sukarno Hatta, dan ternyata jauh juga ya maklum pertama, hehe. Dari Sukarno Hatta keluar tol dan langsung menuju Tanjung Lesung. Karena saya dalam keadaan tidak fit, di perjalanan saya tidak bisa menikmati. Pun kalau fit, rasanya memang enak tidur saja menyimpan tenaga. Toh pemandangan yang di lihat masih belantara bangunan dan kendaraan.

Beberapa kota yang dilalui selama perjalanan menuju Tanjung Lesung adalah Kota Serang, Pandeglang, Labuan. Beberapa pantai yang juga terkenal di kawasan ini Anyer, Carita, Sawarna, dan Bayah.

Lokasi Tanjung Lesung sendiri berada di:

  1. Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten
  2. Jarak dari Jakarta sekitar 180 Km
  3. Terletak antara ikon wisata Provinsi Banten : Gunung Krakatau dan Taman Nasional Ujung Kulon
  4. Terletak di Pantai Barat Kabupaten Pandeglang dan Provinsi Banten
  5. Terletak di pusat pengembangan Pariwisata di Wilayah barat Kabupaten Pandeglang antara Carita dan Ujung Kulon

Kata mas supir perjalanan biasa 4 jam, kalau pakai macet sekitar 5 jam. Di bandara Sukarno Hatta sudah jam 1 lebih, kemudian berhenti di rest area sekitar 1 jam, lanjut perjalanan diperkirakan magrib. Tepatnya, sampai di Tanjung Lesung sudah sekitar jam 7an. Sekalian makan malam mungkin sekitar jam setengah 9. Habis itu saya langsung ambruk. Saya benar-benar capek dan badan demam.

Meski demikian, sudah jauh ini, saya jelas tidak mau melewatkan momen. Esoknya, saya usahakan pagi buat jalan-jalan. Saya sewa sepeda untuk 1 jam 40 ribu. Lumayan lah buat keliling-keliling. Ini hasil jepretan saya. Yuk cuss cerita panjang lebar tentang Tanjung Lesung.

tanjung-lesung1

Bangunan Utama Untuk Reservasi

Ini adalah gedung utama untuk reservasi kamar. Tempat parkir mobil, toko sovenir, ATM, administrasi, kantor.

tanjung-lesung2

Administrator KEK

Geser ke area yang berdekatan dengan gedung reservasi tadi, adalah kantor administrasi KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Tanjung Lesung. Administrator KEK merupakan penyelenggara Perizinan Satu Pintu di dalam Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung.  Tanjung Lesung ini di tetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus di bidang pariwisata. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung yang diusulkan oleh PT. Banten West Java Tourism Development (BWJ) telah ditetapkan melalui PP No. 26 Tahun 2012 pada tanggal 23 Februari 2012. KEK Tanjung Lesung sudah beroprasi sejak 23 Febuari 2015. Pengembangan KEK Tanjung Lesung difokuskan untuk kegiatan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.  Bisa di cek bagaimana Tanjung Lesung sebagai proyek nasional ini direncakanan (klik)

 

Villa Kalicaa Tanjung Lesung

Saya menginap di Villa Kalicaa type Zamrud. Cek rate nya harga 1 jutaan per malam . Selain Zamrud, juga ada tipe-tipe lainnya. Ada yang model 1 rumah (ada dapur), ada yang pakai privat pool, dsb. Pokoknya sesuai dengan budget dan keperluan lah ya. Di type ini interiornya jawa banget, jauh dari kesan minimalis moderen ala hotel budget. Ya mungkin memang itu yang ingin di tonjolkan villa ini. Yang pasti dengan aneka type itu, saya mikirnya ini resort biaya perawatannya pasti gede banget. Beda kayak hotel, kan lebih mudah. Lah ini tersebar (landed) di sana sini unitnya.

Selain Villa Kalicaa, di kawasan ini juga ada villa lainnya Blue Whale Sanctuary, Sailing Club, dan Blue Fish Hotel.

kalicaa

Gowes yuk!!

Sejak ada wacana ke Tanjung Lesung , ide saya satu: Gowess… Saya pikir, pasti adalah fasilitas sepeda untuk pengunjung. Cuma yang bikin agak gimana, dengan rate lumayan, kenapa fasilitas sepedaan gak di gratisin sih?

tanjung-lesung3

Lanjut gowes, saya berhenti menikmati pemandangan pantai ini. Pantainya bersih, sepi, privat. Tapi ombaknya, wiih serem-serem sedap. Cukuplah peringatan “Do Not Swim” buat saya begidik takut, ga berani dekat-dekat pantainya.

tanjung-lesung4

tanjung-lesung5

tanjung-lesung6

tanjung-lesung7

tanjung-lesung8

Cantik ya? Gowes dan gowes, karena sendirian saya tidak bisa selfie-selfie gagayaan di spot-spot romantis diatas. Alhamdulillah terhindar riya, hehe. Suasananya menunjang banget buat Anda yang lagi honeymoon. Atau untuk Anda yang lagi pengen sendiri, tenang, jauh dari hiruk pikuk pekerjaan  cocok banget tempat ini.

Kolam Renang

Tapi buat yang ingin liburan keluarga dengan membawa anak-anak kecil, Tanjung Lesung juga oke. Disini ada kolam renang dengan kedalaman sedang untuk bermainnya anak-anak. Pemandangannya langsung laut luas buat anak-anak pada happy tentunya. Kalau lapar juga langsung ke restoran yang tidak jauh dari situ.

tanjung-lesung9

 

tanjung-lesung10

Wahana Main air

Sekitar jam 10 setelah FGD di ruang meeting, kami field trip ke area agak luar kawasan Villa Kalicaa. Ternyata agak berjauhan dengan penginapan bungalaow yang hening-melow-privat dan romantis itu, ada juga area untuk berwisata pantai. Disini ada banana boat, jet ski atau camping ground. Tinggal pilih ya kakah sesuai kantong masing-masing. Jadi meskipun kita meningap di bungalow dengan rate jutaan per malam tetap, kalo ke wahana mesti bayar. Mentoknya sih paling cuma dikasih voucher aja sih.

Tanjung Lesung ini juga bisa dijadikan tempat outbond, atau yoga. Biasa yang kesana corporate gitu. Seru kan?

tanjung-lesung11

tanjung-lesung12

tanjung-lesung13

tanjung-lesung14

 

Rencana Pengembangan

Kok sepi-sepi aja Het di Tanjung Lesung? Kedepannya gimana?

Iya bener, kalau melihat satu kawasannya meskipun namanya resort kan identik dengan sepi-sepi privat gitu tetap saja kita bisa bandingkan dengan kawasan wisata sejenis misalnya Nusa Dua Bali. Pembangunan di Nusa Dua bisa dikatakan berhasil memikat investor sehingga kawasan wisatanya berkembang dan memberi ungkitan ekonomi di sekitarnya. Nah kalau Tanjung Lesung ini, menurut saya sedang ke arah proses bangun-bangun. Tidak terlalu ramai, tapi ada saja yang masuk. Baik investor maupun pengunjung.

Pengembangannya ke depannya, akan ada airport mini. Katanya,  jokowi pernah kesini naik Helikopter. Selain itu untuk akses yang jauh dari Jakarta akan didukung adanya Tol Serang-Panimbang. Sehingga dapat mengurangi waktu tempuh yang lama. Waktu tempuh yang lama – ini bikin agak males-males ke sana. Huhu…  Umpama di garap bener, bisa loh gak usah ke Puncak atau Bali. Kesini aja, pasti fresh dijamin.

airstrip1

airstrip2

Landasan Pacu

Selain infrastruktur diatas, juga akan ada hotel. Juga akan ada pengembangan prumahan yang tengah-tengahnya sawah. Dinamakan Kampung Sawah. Di bawah ini lokasi proyeknya.

kampung

Ada juga culture center, kerjasama dengan Pemerintah Mongolian. Lihat dari papannya kayaknya keren bentuk bangunan di Mongolian ini.

mongol

Susasana pembukaan cluster-cluster baru, yang semuanya viewnya adalah pantai, laut lepas. Weww…

pengembangan-tanjung-lesung

pengembangan-tanjung-lesung1

 

Pengembangnya juga bakal menyediakan rumah murah untuk karyawannya. Keren ya?

.

Bagaimana? Sudah ada gambaran dong Tanjung Lesung itu gimana. Alternatif untuk Anda yang suka travelling, jalan2 tralala. Semakin yakin dong, wisata Indonesia itu kaya banget dan gak kalah dengan yang di luar-luar. Cintailah ploduk-ploduk indonesia *ya iyalah

Moga-moga Destinasi Wisata Tanjung Lesung ini terus berkembang. Bisa terkenal dan lebih nge hits lagi. Karena bila berkembang, akan membuka lapangan kerja yang cukup banyak untuk daerah. Amiin…

Moga-moga infrastrukturnya semua lancar jaya pengerjaannya. Proyek-proyek, investasi-investasi smua berjalan dengan baik dan semestinya. Dan jangan sampai juga bakal di kuasai asing, hiks.. Apa iya jadi penonton terus? Gak doong…

Simpulan:

Tanjung Lesung destinasi wisata yang perlu masuk dalam List Wisata Anda! Jangan dilewatkan deh. Tanjung Lesung memiliki keunggulan dalam hal fasilitas dan keindahan alam. Terutama buat Anda yang di Jakarta, ini tempat wisata yang akan memanjakan mata dan pikiran Anda. Menikmati deru ombak, pemandangan laut lepas, atau bermain air adalah suguhan terbaik di Tanjung Lesung. Mau dengan pasangan, keluarga, atau gathering kantor, pulang dari sini pasti bawaannya senang dan tak bisa melupakan :)

1