Sensasi Perang dari Wisata Sejarah Cu Chi Tunnels

Jika Anda sedang berlibur ke Vietnam, tdak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi obyek wisata sejarah Cu Chi Tunnel. Cu Chi Tunnels merupakan tempat wisata yang menarik di Kota Ho Chi Minh City (HCMC), Vietnam. Meski begitu, objek wisata ini memiliki jarak yang cukup jauh dari pusat Kota Ho Chi Minh City (HCMC). Perjalanan yang ditempuh untuk menuju terowongan ini yang berada di hutan membutuhkan waktu selama 1 jam lebih dari Ho Chi Minh City (HCMC) dengan menggunakan bus. Cu Chi Tunnels ini berbentuk terowongan bawah tanah dengan ukuran ukuran sepanjang 121 km. Terowongan ini bertujuan sebagai  tempat persembunyian para tentara Viet Cong ketika masa perang berlangsung. Cu Chi Tunnels juga dimanfaatkan sebagai jalur transportasi rahasia untuk membawa persediaan makanan, perlengkapan perang, dan obat-obatan bagi prajurit yang sakit atau terluka di medan pertempuran.

chu ci tunnel

Oleh pemerintah Vietnam Cu Chi Tunnels ditetapkan sebagai war memorial park yang bisa dijadikan salah satu tempat wisata bagi para wisatawan yang datang ke Saigon. Transportasi dan pemandu wisata cukup nyaman dan komunikatif.Cu Chi Tunnels  ini menghadirkan sensasi sejarah pada saat itu ketika Vietnam melawan Amerika. Lama perjalanan wisata ini memakan waktu sekitar 2 jam. Anda akan diperlihatkan pada berbagai lubang jebakan dan persembunyian khusus yang telah dibuat oleh tentara Viet Cong untuk mengalahkan musuhnya ketika masa perang berlangsung. Cu Chi Tunnels merupakan saksi sejarah perlawanan tentara Viet Cong melawan Amerika dengan senjata sederhana. Wisata ini juga akan menyajikan cuplikan film perang Vietnam, kehidupan dan pakaian yang digunakan, pembuatan bom dan jebakan, serta lubang persembunyian. Di akhir tour dipersilakan mencoba tunnel nya sejauh 100 meteran, cukup gelap, sempit, panas dan naik turun namun jangan khawatir buat Anda yang tidak kuat/lelah terdapat beberapa jalan keluar pintas .

chu

Di Cu Chi Tunnel ini kita bisa mencoba merasakan bagaimana tentara Viet Cong ini bergerak di bawah tanah, tiba-tiba muncul dari lubang tanah, menembaki musuh, kemudian masuk lagi ke lubang, terus tiba-tiba muncul lagi di tempat lain melalui lubang juga. Meskipun hanya beberapa ratus meter yang bisa dinikmati oleh umum, dari total panjang yang sebenarnya sekitar 200 km(info dari tour guide) namun tetap akan membuat Anda terkesima. Fasilitas yang ada di Chu Chi Tunnels dapat dikatakan dalam kondisi baik dan terawat. Terowongan ini bukan hanya lorong saja, tapi lengkap dengan ruang rapat dan tempat untuk tidur.
chu ci vietnam

Setelah puas menjelajah  Cu Chi Tunnel, para wisatawan juga diperbolehkan mencoba berbagai macam senjata asli seperti AK 47, M-16 dan M-60.  Anda bisa berfoto dengan gaya kekinian ala film Rambo di booth ini. Namun dengan biaya masuk lagi.

Oya, dikawasan ini juga terdapat banyak pohon singkong yang dulunya menjadi makanan utama para tentara Viet Cong. Dan uniknya, biasanya Anda selaku wisatawan nantinya akan dijamu dengan singkong rebus dan teh madu.

Terakhir , jangan lupa membeli oleh-oleh. Di area ini juga tersedia toko souvenir yang menjual berbagai macam barang yang bisa dijadikan oleh-oleh, seperti kaos, pernak-pernik khas Vietnam, dan lainnya.

Hmm..menarik ya

Wisata perang nih ceritanya. Nah, harusnya Surabaya sebagai Kota Pahlawan bisa menyajikan sensasi perang serupa Cu Chi Tunnel. Gimana caranya? Misalnya dengan mengemas tour wisata Tugu Pahlawan agar lebih atraktif dan menarik . Tantangan bukan?

Sensasi Perang

source: dari berbagai sumber

Pesan sponsor: follow akun sayah yaa @hettyoktaviananew